Bersama ini dengan hormat kami sampaikan bahwa, Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Ditjen Pendidikan Tinggi memberi kesempatan kepada mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta untuk mengajukan usulan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 bidang yaitu : PKMP, PKMM, PKMK, PKMT dan PKMKC yang akan didanai tahun 2013. Sesuai panduan PKM tahun 2012, pengajuan usulan proposal dan tata cara pengiriman proposal On-Line ke Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Dit. Litabmas) dapat di download pada website http://dikti.go.id, dengan headline : Usulan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2012.

Pendaftaran dan pengunggahan dokumen usulan on-line mulai tanggal 29 Oktober s.d. 9 November 2012, apabila lewat dari batas waktu yang telah ditentukan maka proses pendaftaran dan pengunggahan tidak dapat dilakukan. Dit. Litabmas tidak menerima Proposal Usulan dalam bentuk Hardcopy (dokumen disimpan di Perguruan Tinggi pengusul untuk keperluan administrasi).

PKM Penelitian (PKMP) merupakan kreativitas yang inovatif dalam menemukan hasil karya melalui penelitian pada bidang profesi masing-masing. Pertimbangan utama (1). Kreativitas gagasan, landasan ilmiah, (2). Metodologi, (3). Sumbangan berupa informasi bagi kemajuan ilmu pengetahuan.

PKM Teknologi (PKMT) merupakan kreativitas yang inovatif dalam menciptakan suatu karya teknologi yang dapat meningkatkan nilai tambah dan dibutuhkan oleh suatu kelompok masyarakat (kelompok tani, industri kecil, dll) Produk dapat berupa : prototipe, model, peralatan, proses, perangkat lunak, sistem. PKMT mewajibkan mahasiswa bertukar pikiran dengan mitra, karena produk PKMT merupakan solusi atas persoalan yang diprioritaskan mitra (mitra sebagai entry point. Dasar Teknologi yang akan diterapkan sudah tersedia, bukan dicari melalui penelitian dalam program ini

PKM Kewirausahaan (PKMK) Kreativitas yang inovatif dalam membuka  peluang usaha yang profit oriented, sehingga harus ada rencana usaha jasa atau barang. Memungkinkan jalinan kerjasama dengan kelompok masyarakat produktif. Bukan penelitian atau percobaan untuk mencari temuan, dana yang didapat untuk usaha yang berkelanjutan. Didahului survey pasar, karena relevansinya yang tinggi atas peluang perolehan profit, Melakukan pencatatan dan pengarsipan atas transaksi barang atau jasa selama program usaha berajalan sampai dengan pasca pelaksanaan PKMK.

PKM Pengabdian Masyarakat (PKMM) Program membantu masyarakat untuk peningkatan kecerdasan, keterampilan, pengetahuan perbaikan lingkungan, pelatihan keterampilan kelompok masyarakat, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dll. Sebelum menyusun proposal, perlu ditetapkan masyarakat sasaran dan persoalannya. Pengetahuan atau teknologi yang akan digunakan sudah harus dikenal atau dikuasai. Tidak ada kegiatan penelitian dalam PKM-M Diharapkan setelah kegiatan PKM-M selesai dilaksanakan, masyarakat tetap mampu meneruskan program tersebut.

PKM Karsa Cipta (PKMKC) Program kreativitas mahasiswa untuk  kreasi-kreasi yang menghasilkan piranti lunak bahkan sampai prototipe.